Wednesday, August 02, 2006

Kerja Cerdas Bisnis Tuntas, Kerja Beres Masa Depan Sukses

Oleh : Reza M.Syarief *)

Kita banyak menemukan para pengusaha suskes bukan berlandaskan pada orientasi pekerjaan, tetapi justru mereka merancang dirinya sedemikian rupa agar pekerjaan itu justru menghampiri mereka. Don't look for the job but make the job looks for you. Sudah terlalu lama pendidikan formal yang kita dapatkan cenderung mencetak para lulusan yang menggunakan manajemen "by accident" bukan "by anticipation".

Yang dimaksud dengan manajemen "by anticipation" bukanlah seperti manajeman pemadam kebakaran yang kalaui terjadi suatu kebakaran lantas mereka pontang panting memadamkannya. Tentu alangkah baiknya sebelum "api" muncul kita sudah mempersiapkan "air"nya lebih awal. Setidaknya kita harus tahu bagaimana mendapatkan "air: untuk memantapkan "wadah kemampuan" yang sudah kita miliki masing-masing.
Pertama, membiasakan diri untuk berjiwa nomaden. Dengan cara itu, kita akan terbiasa akrab dengan perubahan dan asah kepekaan terhadap fenomena menarik di sekeliling kita. Kedua, memelihara pergaulan dengan 2 jenis manusia, yaitu manusia sukses dan manusia gagal. Dari manusia sukses, kita belajar tentang optimisme dan kepercayaan diri, sedangkan dengan manusia gagal kita belajar tentang arti kegigihan dan kesabaran. Ketiga, meyakinkan diri sendiri bahwa menjadi leader di usaha yang kecil akan jauh lebih bernilai dari pada menjadi pegawai di usaha yang besar. Keempat, bersumpahlah untuk menjadi orang yang sukses di masa mendatang.
Semakin banyak orangyn yang mendengarkan sumpah anda, maka komitmen moral kita bertambah kuat. Tentunya, anda tidak mau bukan, memperoleh sumpah serapah dari orang lain? Last but not least be yourself. Menjadi diri sendiri akan membuat kita lebih produktif. Mengapa? Ya, karena kita merasa nyaman dan menikmati apa yang dikerjakan. Dua keuntungan sekaligus denga kita mempraktikan 5 poin tersebut di atas, yakni "pekerjaan beres, masa depan sukses". Tidak cukup hanya kerja keras, tetapi juga kerja cerdas.
*) Reza M. Syarief, Pemegang Rekor Dunia Motivator Terlama 24 Jam Nonstop. (Sumber Harian Indo Pos – 2005)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home