Wednesday, August 02, 2006

Kiat Percaya Diri dalam Sukses Berbisnis

Oleh : Reza M.Syarief *)

Berbicara adalah satu dari 5 jenis keterampilan dalam berkomunikasi. Artinya, jika anda ingin menjadi good communicator maka perlu melatih kemampuan mendengar, mengamati, berbicara, menulis, dan membaca. Nah, kalau untuk berbicara yang powerful, ada baiknya disimak dulu hasil survey tentang komunikasi itu. Ternyata, 55% orang lebih tertarik pada bahasa tubuh pembicara, 38% persen menyukai factor suara 7% memperhatikan kata-kata. Dalam berbicara efektif bukan semata-mata dipengaruhi oleh kemampuan menyapaikan pesan, tetapi juga cara mengelola bahasa tubuh (body language management).
Sementara, kemampuan bahasa tubuh sangat tergantung pada seberapa jauh kita telah menyatu dengan pesan yang ingin disampaikan. Walk of Talk, kata orang bijak Dalam rangka penyatuan atau internalisasi tersebut maka anda memerlukan 3 langkah penting. Pertama, tanamkan sebuah keyakinan bahwa anda pasti bisa bicara dengan menarik. Anda yakin bahwa pesan yang ingin disampaikan pasti bermanfaat dan anda yakin bahwa audiens akan tertarik dengan penjelasan anda. Caranya lakukan relaksasi sebelum berbicara dengan teknis pernafasan sederhana. Yaitu terik-tahan-tiup dengan pola 5-20-10 (dalam detik).
Sementara menahan nafas, anda masukan gambar positif tentang suasana ketika anda sedang berbicara. Ingat, pikiran kita bekerja seperti kamera. Jika anda membuat gambar positif, nanti yang tercetakpun hasilnya positif. Sekali lagi, keyakinan merupakan 50% sukses berbicara, sisanya adalah keyakinan.
Kedua, jadikan audiens sebagai mitra bicara bukan semata-mata obyek dengan menguasai beberapa teknik ice breaking sehingga interaksi anda dan audiens menjadi lebih hangat dan akrab, sedangkan di sisi lain anda akan jauh lebih rileks tanpa ada beban. Ketiga, berbicaralah dengan tetap mempertahankan keselarasan antara apa yang anda pikirkan, rasakan dan lakukan. Pelatihan yang tepat anda bisa mengambil program personal excellence dan powerful public speaking.
*) Reza M. Syarief, Pemegang Rekor Dunia Motivator Terlama 24 Jam Nonstop. (Sumber Harian Indo Pos – Kamis, 29 Desember 2005)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home